Berbahaya, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Mesin Baru Dihidupkan

18.29


Menyalakan AC atau pendingin ruangan ketika mesin mobil baru dihidupkan ternyata berbahaya. Dampak yang dapat terjadi bilamana hal ini seringdilaksanakan sangat mengerikan.

Ya, seringkali saat masuk ke dalam mobil ketika cuaca panas rasanyahendak cepat-cepat nyalakan AC. Terlebih lagi mobil terparkir di lokasi outdoor dan terkena terik matahari secara langsung.

Tentu saja ketika masuk laksana di dalam oven. Panas banget dan hendak nyalakan AC biar adem. Tapi ingat, nyalakan AC ketika mesin mobil baru dihidupkan tersebut berbahaya. Ini alasannya.

1. Menimbulkan reaksi kimia riskan untuk tubuh

Beberapa benda yang terdapat di dalam mobil laksana pengharum ruangan, bahan pelapis jok sampai material plastik menjadi sumber masalahnya. Sinar matahari langsung yang panas mengakibatkan reaksi tertentu pada benda-benda tersebut.

Berbagai senyawa baru yang riskan pun muncul, salah satunya ialah benzena yang familiar sebagai racun penyebab kanker.

Benzena yang hadir akan disirkulasikan oleh AC sampai-sampai penumpang yang mencium udara AC mobil otomatis dapat terpapar polusi ini.

Karena mempunyai sifat racun, benzena dapat memengaruhi ginjal dan hatisebab dua organ yang berperan sebagai penyerap racun tersebut kendala mengeluarkannya. Tidak melulu itu, benzena pun mampu meracuni tulang dalam tubuh shingga mengakibatkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih.

Semakin lama tercium dalam tubuh, maka benzena dapat memunculkan leukimia yang memperparah risiko kanker. untuk ibu hamil, benzena pun mampu menyebabkan keguguran.

2. Dapat merangsang kecelakaan

Saat mobil sedang di dalam ruangan dengan jendela tertutup, benzena bisa terproduksi antara 400-800 mg.

Bila diparkir di luar ruangan dan dibawah terik matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas, tingkat kepadatan benzena dapat mencapai 2.000 - 4.000 mg. Padahal, tingkat toleransi insan terhadap racun benzenamelulu 50mg/ft2.

Gas ini tak berbau dan tak berwarna jadi susah untuk dideteksi. Orang yang merasakan keracunan, lazimnya akan merasa mengantuk, pusing, atau mual sesudah menghidupkan AC. Hal ini yang dapat memicu kemalangan di jalan raya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.