Cara Meminimalisir Bau Mulut Saat Berpuasa

Mei 25, 2018


Menjaga kebersihan mulut  benar-benar  penting selama  melaksanakan  ibadah puasa. Pasalnya, bau mulut menjadi salah satu persoalan  yang  sering kali  dialami banyak orang, sehingga bisa menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu kenyamanan orang-orang sekitar.

Untuk menyiasatinya, sejumlah dokter gigi  memberi saran  untuk membilas mulut dengan air atau obat kumur. Mereka menerangkan  bahwa secara teknis perbuatan hal yang demikian tak akan membatalkan puasa selama Anda tak menelan cairan apa bahkan .

Rachael England, spesialis kebersihan gigi di Dentist Direct, Dubai, menungkapkan sebagian anjuran  lebih lanjut perihal  bagaimana menjaga mulut supaya terhindar dari bau tidak enak  selama berpuasa. Berikut review lengkapnya, seperti dikutip dari Khaleejtimes.

Perbanyak minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang banyak pada jam-jam sahur. Hindari pula makanan dan minuman yang dapat memicu bau mulut seperti mekanan yang mengandung garam dan kafein.

Sikat gigi 2 kali sehari

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan gigi dalam keadaan bersih dari kuman dan sisa-sisa makanan. Rachel menyarankan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, dan lakukan sesaat sebelum tidur dan setelah menyantap makanan sahur. Umumnya, bau mulut berasal dari lidah, jadi gunakanlah alat pembersih lidah untuk menghilangkan bau mulut.

Hindari makanan yang terlalu manis saat berbuka

Berbukalah dengan yang manis. Banyak yang mengira bahwa kalimat tersebut berasal dari sebuah hadis. Namun pada kenyataanya, yang disebutkan secara eksplisit di dalam hadis adalah berbuka dengan ruthab, yaitu kurma segar yang baru dipetik. Fakta ilmiah menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan manis yang terlalu banyak justru dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Maka disarankan agar Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan .

Hindari rokok

Mengurangi asupan nikotin selama berpuasa tidak hanya ampuh menghindari Anda dari bau mulut, namun bisa membantu Anda untuk berhenti dari kebiasan merokok.

Mencuci mulut secara berkala

Cara ini dinilai ampuh untuk menghindari bau mulut di siang hari . Selain itu gunakan oral probiotik untuk mengisi bakteri sehat dan menjaga kesehatan gigi yang baik.

Lakukan pengecekan gigi secara rutin

Jangan lupa untuk menemui dokter gigi dan ahli higienis secara teratur agar kebersihan mulut tetap terjaga dengan baik


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.