Tips Puasa! Hindari Makanan Anak Kos Ini saat Sahur

Mei 27, 2018



Puasa Ramadan mewajibkan umat Islam guna mengubah kelaziman makan dan minum. Hal ini tentunya me sti diperhatikan supaya tak salah tahapan saat mengonsumsi makanan sampai-sampai memicu situasi tak enak dan mengganggu jalanya ibadah puasa. 

Makanan asam dan pemicu keluarnya asam lambung tak baik dikonsumsi terlalutidak jarang  atau terlampau  banyak. Tak melulu  itu, makanan dengan kandungan gas tinggi merangsang  keluarnya asam lambung tinggi dan sulitdipahami  yang tentunya dapat  menggangu kesehatan.

Kedua jenis makanan itu tak baik untuk Anda yang mempunyai riwayat gangguan lambung atau mag. Untuk menangkal kambuhnya gangguan mag me stidikenali makanan yang memicu eskalasi asam lambung.

Berdasarkan database wawancara Solopos.com dengan konsultan gizi di Yogyakarta, Nurwanti, dua jenis makanan yang me sti dihindari penderita gangguan maag ketika  puasa ialah  mi instan dan sawi.

“Mi berisi  karbohidrat yang lengket. Sawi berisi  zat gas yangmerangsang  meningkatnya asam lambung. Sehingga kombinasi mi dan sawiguna  berbuka atau sahur tidak baik untuk  penderita gangguan mag,” jelas Nurwanti.

Di samping  dua makanan yang akrab dengan anak kos itu, jenis makanan dan minuman bergas lainnya yang me sti dihindari ketika  puasa ialah  minuman bersoda, olahan jus nangka, pisang ambon, kedondong, dan olahan kol.

Nurwanti menganjurkan  olahan kentang, brokoli, dan bubur sebagai santapanketika  sahur atau berbuka. “Di samping  menetralisasi asam lambung, makanan tersebut pun  memberi rasa kenyang lebih lama,” tegas Nurwanti.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.