Perbandingan Pembayaran BPJS Online Vs Loket

Juli 06, 2018
Layanan BPJS kini semakin menarik bahkan mampu menampilkan banyak fasilitas lengkap baik dari asuransi kesehatan, pendidikan, hingga masih banyak lainnya. Kini proses pembayaran BPJS Online dan melalui loket bisa dilakukan untuk mendapat kemudahan dalam proses pembayarannya, maka dari itu Anda bisa pilih salah satu. Mungkin Anda belum mengetahui bahwa dari kedua sistem pembayaran tersebut masih memiliki perbedaan sehingga dapat dijelaskan secara rinci kepada pemilik askes BPJS.

Perbandingan Pembayaran BPJS Online Vs Loket

Metode pembayaran BPJS online lebih cepat dibandingkan versi loket, akan tetapi ada banyak hal lainnya yang memberi perbedaan signifikan mengenai kedua metode tersebut. Oleh karena itu bagi peserta BPJS harus mengetahui seperti apa perbandingan antara sistem online dengan loket.

  • Pembayaran BPJS Online

Bisa terlihat dari pembayaran BPJS secara online mampu memberikan kemudahan kepada peserta. Sistem online akan memudahkan peserta karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Mengenai fasilitasnya juga bisa menggunakan beberapa perangkat mulai dari Smartphone, PC komputer, hingga laptop. Asalkan dari koneksi internet bisa berjalan lancar maka pembayaran BPJS bisa dilakukan.

Selain itu, pembayaran BPJS online juga lebih efektif karena tidak ada pemotongan biaya dibandingkan versi loket. Jika selama ini Anda menggunakan pembayaran versi loket dapat beralih ke sistem online dimana pembayarannya dapat dilakukan melalui transfer via ATM. Sistem online memang memberi kemudahan kepada siapa saja termasuk dalam proses pembayaran premi BPJS. Jadi tak heran bila dalam pembayaran premi BPJS banyak kalangan lebih memilih sistem online dibandingkan loket.

Pembayaran online juga bisa dilakukan dengan cara mengajukan permohonan autodebit ke dalam rekening bank Anda sehingga sangat mudah dan memungkinkan terhindar dari denda karena pembayarannya selau tepat waktu.

  • Pembayaran BPJS Via Loket

Selain dari pembayaran BPJS online setiap peserta juga bisa menikmati pembayaran melalui loket dimana prosesnya tidak tergantung sepenuhnya pada koneksi internet. Jika kondisi ATM ataupun koneksi internet mengalami gangguan hingga diperlukan perawatan maka opsi pembayaran via loket bisa Anda pilh.

Pembayaran via loket sebenarnya memberi akses kurang lebih sama seperti online,hanya saja terdapat biaya potongan administrasi sehingga Anda harus membayar biaya iuran lebih besar. Sistem pembayaran via loket sebenarnya juga memperlihatkan akses lebih mudah karena sekarang sudah banyak loket-loket seperti gerai penjualan pulsa, kantor POS, dan gerai minimarket hingga pihak teller bank juga bisa melakukan transaksi pembayaran BPJS.

Biasanya dari transaksi via loket digunakan untuk peserta BPJS yang terlambat membayar sehingga dapat memastikan transaksi lebih lancar. Bila dari mesin ATM ada beberapa kemungkinan transaksi tak bisa dilakukan karena koneksi internet tidak lancar ataupun ada masalah teknis.

Kemungkinan sukses dari setiap transaksi pembayaran premi BPJS Kesehatan bisa didapatkan dari kedua cara tersebut. Hanya saja ada banyak hal yang membuat seorang peserta premi BPJS Kesehatan lebih memilih salah satu cara agar tidak mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan akses cepat dan mudah.

Kini sudah banyak tersedia gerai-gerai khusus yang memiliki fungsi untuk melakukan pembayaran. Kenyamanan hingga dari sisi praktisnya pembayaran premi asuransi akan memperlihatkan kualitas pelayanannya. Maka dari itu proses pembayaran BPJS online kini dibuat lebih mudah untuk menghindari keterlambatan. Biasanya dari keterlambatan pembayaran BPJS setiap penggunanya akan mendapat pemberitahuan melalui SMS ataupun notifikasi lainnya. Jadi kita semua sudah bisa menikmati kenyamanan dan kemudahan proses pembayaran BPJS Kesehatan sehingga mampu meminimalisir keterlambatan pembayaran.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.