Cara Membaca Arahan Atau Angka Pada Ban

Agustus 02, 2018
Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban- Setiap sepeda motor atau kendaraan beroda empat mempunyai ukuran ban yang berbeda-beda. Mulai dari tipe, lebar, diameter semua tertera di isyarat atau angka yang ada pada ban tersebut. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara membaca kode-kode pada ban. Untuk itu aku akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membaca isyarat yang tertera pada ban.
Setiap sepeda motor atau kendaraan beroda empat mempunyai ukuran ban yang berbeda Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban
Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban

Cara Membaca Kode Ban Motor

Pada ban motor spesifikasi ban pada sepeda motor ditunjukan dengan angka dan huruf. Misalnya ban dengan kode 
120/70-17 67H maka cara membacanya yaitu sebagai berikut:
  • 120 membuktikan ban tersebut mempunyai lebar 120 milimeter
  • Angka 70 membuktikan perbandingan tinggi ban terhadap lebar yang di tunjukan dengan prosentase. Makara pada isyarat diatas mempunyai tinggi 70 % x 120= 85,2 milimeter. 
  • Kode 17 yaitu diameter velg dalam satuan inch.
  • 67 yaitu indeks beban maksimum. Makara kalau sebuah ban mempunyai indeks beban maksimum 67 maka ban tersebut bisa menahan beban sebesar 307 Kg.
  • H yaitu isyarat yang membuktikan batas kecepatan maksimum. Setiap ban mempunyai isyarat yang berbeda ibarat S,Q,H,Z dll. Nah untuk isyarat H batas kecepatan maksimumnya yaitu 210 Km/jam.

Cara Membaca Kode Ban Mobil

Sama halnya dengan ban sepeda motor, isyarat ban kendaraan beroda empat juga memakai angka dan huruf. Ok pribadi saja contohnya sebuah ban dengan kode P225/50 R 16 91 S maka cara membacanya yaitu sebagai berikut:
  • Kode P mempunyai arti passenger, jadi isyarat P pada ban kendaraan beroda empat membuktikan ban tersebut untuk kendaraan beroda empat penumpang. Ada juga isyarat lainya ibarat LT yang berarti Light Truck.
  • Angka 225 yaitu lebar dari telapak ban kendaraan beroda empat dengan satuan mm.
  • Angka 50 yaitu tinggi ban yang dihitung dari prosentase lebar ban. 
  • Huruf R pada isyarat tersebut mempunyai arti Radial. Jika sebuah ban mempunyai isyarat D maka ban tersebut bertipe Diagonal Bias.
  • Angka 91 membuktikan load indeks (sama ibarat pada ban motor)
  • Angka S yaitu batas kecepatan maksimum (sama ibarat pada ban sepeda motor)
Secara keseluruhan cara pembacaan isyarat ban kendaraan beroda empat dan ban motor hampir sama. Selain kode-kode diatas ada juga kode-kode lain ibarat AT (all terrain) artinya ban tersebut sanggup dipakai di hampir semua kondisi jalan, ada juga HT (Highway Terrain) yang hanya bisa dipakai pada jalan beraspal. Nah supaya cara membaca isyarat ban diatas bisa membantu anda dikala akan membeli sebuah ban baru.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.