Tanda-Tanda Melahirkan : Tips Persiapan Fisik sebelum Kelahiran


Saat tanda-tanda melahirkan mulai dirasakan oleh ibu hamil maka saat itulah seorang ibu hamil harus mulai bersiap diri. Perlu diketahui bahwa ketika hamil, seorang wanita akan merasakan banyak perubahan di dalam tubuhnya. Begitu juga ketika ia memeasuki fase akan melahirkan, banyak hal-hal yang akan dirasakan termasuk gejala-gejala yang menunjukkan hari kelahiran sudah dekat. 

Sebagai ibu hamil tentu tidaklah mudah menghadapi masa-masa akhir kehamilan menjelang persalinan. Selain kondisi perut yang semakin membesar dan fisik yang semakin mudah lelah, banyak tanda-tanda lain yang membuat seorang ibu hamil semakin lemah mendekati hari kelahiran si buah hati. 

Proses melahirkan membutuhkan kekuatan fisik yang besar. Seorang ibu harus siap dan kuat untuk melahirkan agar proses kelahiran si buah hati bisa berjalan lancar. Karena itulah, ketika tanda-tanda melahirkan sudah mulai terlihat maka seorang ibu hamil harus mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental. 

Tips Persiapan Fisik 

Kali ini yang akan kita bahas adalah persiapan fisik yang diperlukan oleh ibu hamil. Meskipun tubuh sudah terasa begitu lemah namun ibu harus tetap kuat. Inilah dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat fisik ibu hamil menjelang kelahiran : 

1. Konsumsi Makanan Bergizi 

Persiapan fisik dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap. Perlu diketahui bahwa ibu hamil memang harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sejak awal masa kehamilan. Namun, mendekati masa persalinan ibu hamil juga tetap harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. 

Salah satu tanda hari kelahiran sudah semakin dekat adalah ibu hamil kehilangan selera makannya dan mudah merasa mual. Hal ini harus segera diatasi karena ibu hamil mau tak mau harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi karena ibu hamil akan melahirkan maka fisiknya harus kuat dengan makan makanan yang sehat. 

2. Olahraga 

Olahraga juga penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Hanya saja perlu diketahui bahwa jenis olahraga yang bisa dilakukan berbeda dengan olahraga yang biasa dilakukan oleh orang normal tidak dengan kondisi hamil. Ketika sedang hamil apalagi hamil tua maka olahraga yang dilakukan juga disesuaikan dan jangan yang terlalu berat. 

Olahraga pada usia kandungan yang sudah mendekati masa kelahiran dilakukan dengan fokus untuk melatih pernapasan ibu ketika akan melahirkan nanti. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman seperti pegal pada tubuh akibat hamil. 

3. Minum Susu Hamil 

Jangan hentikan konsumsi susu hamil anda. Tetap minum susu hamil yang formulanya sudah disesuaikan dengan kondisi atau usia kehamilan. Bila perlu, mintalah saran dari dokter yang menangani anda, susu apa yang aman untuk diminum secara rutin. 

4. Konsumsi Vitamin 

Jangan lupa untuk selalu konsumsi vitamin ibu hamil setiap hari secara rutin. Pada kondisi tertentu, ibu hamil bisa saja tidak hanya harus mengonsumsi vitamin namun juga obat-obat yang lain untuk memperkuat kondisi fisik selama hamil dan saat akan melahirkan. Jangan sampai anda melewatkan konsumsi vitamin dan obat yang benar. 

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah kesiapan fisik ibu hamil sebelum melahirkan. Satu hal yang penting, mintalah suami untuk mendampingi proses tersebut. Dukungan dari suami tentu akan memberikan kekuatan yang tiada tara. Anda bisa melibatkan suami ketika anda akan melakukan berbagai macam persiapan jika tanda-tanda melahirkan semakin dekat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.