Mana Yang Labih Baik, MPASI Instan atau Buatan Sendiri?

Desember 27, 2018

Kalau berbicara tentang MPASI pasti banyak sekali bahan-bahan yang bisa dibuat untuk makanan pendamping selain ASI, ada beras merah, umbi-umbian, daging, buah-buahan dan lainnya. MPASI diberikan pada saat bayi berusia 6 bulan, itupun harus di variasikan dari minggu ke minggu untuk memperkenalkan ragam menu makanannya. Saat ini banyak MPASI instan yang dijual di pasaran dengan beragam pilihan rasa, sehingga ibu-ibu tidak tahu apakah MPASI Instan Tidak Baik atau justru sebaliknya? Tentunya ibu menginginkan bayinya sehat dengan memberikan menu MPASI yang tepat dan aman untuk dikonsumsi. 

Jenis MPASI ada yang berbentuk biskuit dan ada juga yang berupa bubur instan, MPASI ini memang terkadang membuat bingung harus pilih yang mana dan apakah harus buat sendiri di rumah? Sebetulnya ibu-ibu boleh memberikan MPASI instan kepada bayi, baik dalam bentuk biskuit maupun bubur instan, tapi perlu diingat kalau MPASI buatan sendiri jauh lebih baik dan lebih sehat, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kandungan dalam produk MPASI tersebut. Dalam MPAS instan terkandung beberbapa zat-zat yang berguna bagi anak, namun kekurangannya ialah pasti ada bahan pengawet yang terkandung di dalamnya. Meskipun begitu, lebih baik lagi kalau Anda di rumah membuat MPASI sendiri dan bisa mengkombinasikan dengan bahan-bahan yang sehat. Perlu diingat juga, kalau proses pembuatannya salah bisa menghilangkan kandungan baik pada MPASI yang ibu buat di rumah. Maka dari itu, kembali lagi pada kepercayaan ibu masing-masing, mau buat sendiri atau mau beli MPASI instan? Disisi lain jika ibu membuat MPASI sendiri bisa memberikan kandungan gizi yang baik serta bebas bahan pengawet, hindari juga penggnaan perasa yang berlebihan seperti garam atupun gula. Buah-buahan dan sayuran merupakan bahan pembuatan MPASI yang tepat untuk diperkenalkan kepada si bayi agar bisa mengenal rasa dari makanan. 

MenuMakan MPASI harus disesuaikan dengan usia bayi, selain itu juga setiap minggunya harus di variasikan agar si bayi tidak merasa bosan dan memberikan variasi rasa pada lidahnya. Jangan lupa untuk baca terus informasi kesehatan di GueSehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.