Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Januari 29, 2019

Bagi para ibu hamil, menghitung kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena, menghitung masa kehamilan dapat membantu para ibu hamil agar dapat menghitung seberapa normal kondisi kandungan yang ada di dalam rahim sang ibu. Selain itu, menghitung masa kehamilan juga dapat membantu mengetahui kapan perkiraan waktu kehamilan sehingga seorang ibu perlu senantiasa peduli terhadap kondisi kehamilannya dengan menghitung usianya. Tapi, menghitung usia kehamilan juga bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut : 

USG 

Agar dapat mengetahui usia kehamilan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter. Lewat konsultasi tersebut nantinya akan digunakan USG sebagai alat untuk mengetahui seberapa besar kantung rahim dan janin yang ada di kandungan Anda. Perhitungan usia kehamilan umumnya dilakukan dengan menghitung ukuran janin dan juga terakhir kali haid terjadi. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui berapa lama usia kehamilan Anda dan prediksi kapan waktu persalinan akan terjadi. 

Kalender kehamilan 

Selain menggunakan USG, Anda juga dapat menggunakan kalender kehamilan sebagai salah satu cara utnuk menghitung usia kehamilan. Kalender kehamilan berguna untuk mengetahui seberapa normal perkembangan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Selain itu, dengan menggunakan kalender kehamilan Anda juga dapat memprediksi kapan persalinan akan terjadi. Sehingga, Anda dapat mempersiapkan masa persalinan tersebut sebelum terjadi lewat penggunaan kalender kehamilan. 

Kalkulator kehamilan 

Untuk memperhitungkan kehamilan 26 minggu hingga persalinan, Anda dapat menghitungnya dengan cara mudah yakni menggunakan kalkulator kehamilan. Kalkulator kehamilan sangat berguna untuk menghitung kapan bayi yang ada di dalam kandungan Anda akan keluar melalui proses persalinan. Selain itu, saat ini juga terdapat berbagai aplikasi kalkulator kehamilan yang bisa membantu Anda agar dapat menghitung waktu persalinan secara lebih mudah. Jadi, Anda tidak akan tertinggal waktu persalinan yang diprediksi dan bayi yang ada di dalam kandungan pun dapat keluar dengan selamat melalui persalinan secara normal.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.