Pertolongan Pertama dan Cara Merawat Luka Bakar

Februari 27, 2019

Luka bakar adalah kerusakan atau kehilangan jaringan kulit yang dikarenakan oleh sinar matahari, api, air panas, bahan kimia, listrik, radiasi, gesekan, ledakan dan sumber energi panas lainnya. Luka bakar selain akan menyebabkan rasa yang teramat perih dan panas, juga akan meninggalkan bekas dengan ukuran yang lebih besar dibanding jenis luka terhadap umumnya (sayatan), sehingga nantinya akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. https://www.id.hansaplast.co.id/

Menghilangkan bekas luka bakar memang tidak mudah. Buat itu dibutuhkan penanganan luka bakar yang benar-benar tepat waktu kulit terbakar, agar bekas dari luka bakar tersebut nantinya akan mudah buat dihilangkan dan tidak menyebabkan Keloid. Tingkatan luka bakar, gejala dan pertolongan yang semestinya. Luka bakar ringan sampai berat diartikan berdasarkan tingkat kerusakan jaringan tubuh, yaitu: 

1. Luka Bakar Derajat Satu 

Luka bakar terhadap tingkatan ini adalah kategori paling ringan. Biasanya dikarenakan oleh bagian tubuh yang terkena air atau uap panas ringan ketika merebus air, kontak singkat dengan benda panas, atau terpapar sinar matahari langsung. 

2. Luka Bakar Derajat Dua 

Luka bakar derajat dua biasanya dikarenakan oleh bagian tubuh yang terkena api rokok, percikan minyak goreng waktu memasak, terkena setrika, terkena knalpot motor atau sumber panas lainnya. Kerusakan yang terjadi terhadap kulit bagian luar (Epidermis) hingga lapisan kedua di dalamnya (Dermis). 

3. Luka Bakar Derajat Tiga 

Luka bakar derajat tiga yaitu luka bakar yang tergolong serius karena kerusakan yang ditimbulkannya hingga menembus ketiga lapisan termasuk saraf yang berada dibawah lapisan kulit. Umumnya luka bakar kategori ini dikarenakan oleh bagian tubuh yang terkena sumber panas yang tinggi (kebakaran, ledakan) atau dapat juga karena tersengat listrik (kesetrum). https://www.id.hansaplast.co.id/tentang-hansaplast/local/id/pentingnya-pengetahuan-p3k

4. Luka Bakar Derajat Empat 

Luka bakar terhadap derajat empat adalah yang paling parah. Penyebabnya hampir sama terhadap luka bakar derajat tiga namun dengan intensitas yang lebih tinggi. Bagian tubuh yang terbakar tidak cuma kulit saja melainkan sudah sampai daging dan tulang sehingga berwarna hitam. Kebanyakan orang yang mengalami luka bakar terhadap derajat empat akan diamputasi apabila terjadi terhadap bagian tubuh yang memungkinkan buat dilakukan amputasi misalnya tangan atau kaki. 





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.